News & Article Details

vitamin larut air

Analisis Vitamin Larut Air dan Vitamin Larut Lemak

Vitamin merupakan nutrisi penting yang ada dalam berbagai sumber makanan alami ataupun suplemen makanan. Berdasarkan kelarutannya dengan air, vitamin dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu, vitamin larut air dan vitamin larut lemak. Reversed-Phase High-Performance Liquid Chromatography (RP-HPLC) atau yang biasa disebut dengan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi Fase Terbalik (KCKT-FT), banyak digunakan untuk menentukan vitamin dalam makanan, suplemen, ataupun minuman. Karena perbedaan hidrofobisitas atau kelarutannya dengan air yang cukup signifikan, membuat analisis kromatografi cair secara simultan dengan metode yang sama sulit dilakukan. Vitamin larut air kurang bisa terpisah dengan baik di Fase Terbalik, bahkan menggunakan fase gerak yang lemah sekalipun, sementara vitamin larut lemak hanya terelusi dengan pelarut pelarut kuat yang mendekati 100% organik. Metode Fase Terbalik diaplikasikan pada analisis dengan rentang polaritas yang lebar dan pada saat yang sama dapat memberikan resolusi dan waktu retensi yang baik merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Metode untuk memisahkan vitamin larut air dan vitamin larut lemak diusulkan ketika 2 kolom dioperasikan secara berurutan (sequential) dalam satu sistem. Untuk pendekatan ini, sistem kromatografi cair konvensional harus memiliki sepasang katup pengalih (switching valves) untuk mengkoneksikan kolom yang digunakan ke injektor dan detektor UV. Metode ini efektif sejak analisis kedua jenis vitamin ini dapat dijalankan tanpa diawasi atau bahkan dijalankan semalaman. Tetapi solusi ini membutuhkan pengaturan hardware yang kompleks, dan bahkan lebih kompleks dalam pemrograman CDS (Chromatography Data System)-nya. Selain itu, karena kolom digunakan setelah yang lain, throughput-nya pun lebih sedikit.

 

Aplikasi lanjutan lainnya dilaporkan dalam literatur untuk analisis simultan untuk kedua jenis vitamin ini. Misalnya, salah satu pendekatan untuk pemisahan vitamin larut lemak dan vitamin larut air dalam kolom yang sama dan dengan metode analisis yang sama akan membuat injeksi sampel tertunda dan diharapkan mengandung vitamin larut lemak. Dengan cara ini, vitamin larut lemak yang sangat hidrofob memasuki kolom hanya jika kekuatan dari fase gerak cukup tinggi. Metode ini bergantung pada fleksibilitas CDS (Chromatography Data System) dan sistem UHPLC itu sendiri. Pemrograman dan pengaturan instrument yang kompleks membuat penerapan pendekatan ini menjadi tidak praktis.

 

Pada kesempatan ini, kami memperkenalkan alur kerja yang efektif untuk analisis vitamin larut air dan vitamin larut lemak secara simultan yang dapat mengatasi tantangan dari semua pendekatan yang pernah dilaporkan sebelumnya. Alur kerja didasarkan pada sistem Thermo Scientific™ – Vanquish Flex Duo™ untuk Dual LC. Sistem ini terdiri dari Dual Pump dengan dua jalur aliran yang independent, Dual Split Sampler dengan dua port injeksi dan sample loop yang terpisah, satu atau dua (pilihan) Column Compartments, dan dua sistem deteksi atau dua detector. Ini memungkinkan untuk penggunaan dua kolom dan dua metode yang berbeda secara independen dan simultan. Berkat fitur-fitur canggih ini, dua metode independen dapat dikembangkan dan dioptimalkan untuk analisis vitamin larut air dan vitamin larut lemak sehingga dapat dijalankan secara bersamaan. Alur kerja Dual LC ini memberikan throughput yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan secara pergantian kolom yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, masalah potensial seperti ketidakcocokan fase gerak yang mengalir di jalur yang sama akan tereliminasi. Salah satu contoh dari kasus tersebut adalah pengendapan dari garam penyangga (buffer salts) dalam pelarut organik konsentrasi tinggi. Dibandingkan dengan solusi sebelumnya, pendekatan dengan sistem Thermo Scientific™ – Vanquish Flex Duo™  untuk Dual LC yang disajikan di sini sangat mudah diterapkan, memungkinkan optimasi metode menjadi lebih baik dan meningkatkan throughput berkat penggunaan dua kolom dengan dua metode secara simultan sehingga siklus analisis menjadi lebih cepat. Untuk kedua jenis vitamin ini,  kolom fase terbalik yang digunakan adalah kolom Acclaim™ Polar Advantage II (PA2). Kolom ini memiliki fitur polar-embedded stationary phase yang secara efektif beroperasi pada berbagai kondisi fase gerak dan sangat cocok untuk pemisahan komponen dengan hidrofobisitas yang sangat beragam seperti vitamin.

 

Untuk informasi lengkap dengan metode analisis dan laporannya, klik link berikut ini.

 

Share the Article
X

Contact Us

Drop your questions below, our representative team will get back to you within 24 hours

Find Us

Download

Download Brochure
Download E-Catalogue